Seputar Indramayu

Bupati Nina: Fungsi Pembimbing Memberikan Tuntunan, Pengarahan dan Nasihat Dalam Bermasyarakat

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’I Bachtiar secara resmi melantik Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Ketua Majelis Pembimbing Desa (Mabisa) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu Periode 2022-2025, di Lapangan GOR Singalodra Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu, Selasa (6/9/2022).

Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu menyampaikan, selamat atas dikukuhkannya para camat sebagai Ketua Mabiran serta para kuwu dan lurah sebagai Ketua Mabisa.

Bupati Nina Agustina mengatakan, dengan pengukuhan ini Gerakan Pramuka di Kabupaten Indramayu diharapkan lebih maju dan berprestasi serta dapat mencetak generasi muda sebagai tunas-tunas bangsa yang bermartabat dan bertanggungjawab serta dapat dipercaya.

“Saya mengucapkan selamat kepada para andalan yang menerima tanda penghargaan orang dewasa (red: Lencana Pancawarsa). Terimakasih atas dedikasi yang diberikan dan teruslah mengabdi untuk kemajuan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Indramayu,” katanya.

Ditegaskan Bupati Nina, dalam pokok-pokok organisasi gerakan pramuka telah disebutkan betapa pentingnya peran dan fungsi majelis pembimbing ranting dan majelis pembimbing desa dalam tatanan pengambilan kebijakan demi berkembang gerakan Pramuka di wilayah binaannya.

“Fungsi majelis sebagai pembimbing mengadung makna membrikan tuntunan, pengarahan, saran dan nasehat dalam bermasyarakat, moral dan mental serta sikologis untuk meningkatkan kondisi dan kemampuan kwartir,” tegasnya.

Selain itu, ketua mabiran dan mabisa se-Kabupaten Indramayu ini diharapkan selalu merespon positif dan berpartisipasi terhadap seluruh program dan gerakan pramuka di wilayah Kabupaten Indramayu.

“Ketua mabiran dan mabisa harus mampu menggerakkan pendayagunaan potensi kwartir cabang yaitu sumber daya manusia, materi pendidikan, sistem pembinaan dan manajemen organisasi agar gerakan pramuka semakin mendapatkan perhatian dari generasi muda,” harapannya.

Atas pesannya kepada para ketua mabiran dan mabisa diharapkan memahami secara penuh fungsi dan tugas yang diamanatkan untuk menggelorakan program Gerakan Pramuka di Kabupaten Indramayu dalam ranga menjasi satu bagian untuk mewujudkan Indramayu yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat.

“Untuk itulah saya meminta saudara -saudara memahami fungsi majelis pembimbing baik itu ketua majelis pembimbing ranting maupun majelis pembimbing desa. Mari kita perkuat kepramukaan Kabupaten Indramayu sebagai kekuatan yang besar dalam mewujudkan Indramayu yang Bermartabat,” pungkasnya. (Budi/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

Tentang Penulis

Operator Dishub Indramayu

Tinggalkan komentar