Seputar Indramayu Umum

10 Program Unggulan Bergerak, Kado Ulang Tahun Bagi Bupati Nina Agustina

Tanggal 17 Agustus bukan hanya tanggal yang sakral bagi Bangsa Indonesia. Namun, tanggal 17 Agustus juga menjadi momentum yang sakral sekaligus istimewa bagi orang yang lahirnya sama persis dengan tanggal kemerdekaan Bangsa Indonesia dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 76 tahun yang lampau itu.

Salah satunya adalah Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar. Ya. Bupati yang terkenal tegas itu, pada hari ini berulang tahun yang ke-48.

Tidak ada perayaan atau pesta kecil dalam memperingati hari kelahirannya itu. Yang nampak adalah di pagi hari yang cerah, Selasa 17 Agustus 2021, Bupati Nina Agustina menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten.

Dalam amanatnya Bupati Nina Agustina mengatakan, 10 program unggulan di 100 Hari Kerja pertamanya telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Mulai dari Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) sampai Bersuling. Dalam Iceta, di program ini, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menampung 242 aduan melalui Diskominfo Indramayu.

Kemudian, Program Lebu Digital (Le-Dig) yang sudah melakukan pelayanan digital pada Desa Cangkingan dan sebanyak 15 desa lainnya akan dikembangkan menjadi desa digital.

“Program Desa Kabeh Terang (De-kat) sampai saat ini jumlah desa yang telah disurvei oleh Dishub Indramayu untuk penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 280 desa,” ujarnya.

Selanjutnya, tambah Bupati Nina Agustina, Program Alun-alun Rakyat (A-Lur) yang sudah rampung dibangun, Program Dokter Masuk Rumah (Dok-Maru) yang menjadi program paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indramayu. Ada 730 panggilan yang masuk melalui hotline Dokmaru.

Kemudian program Perempuan Berdikari (Pe-Ri). Telah dilakukan pemberdayaan kepada para perempuan purna Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ada 20 purna PMI yang telah mendapat pelatihan.

Selain itu, terangnya, Program Kredit Usaha Warung Kecil (Kruwcil) dimana pelaku usaha kecil telah mendapat bantuan pinjaman lunak tanpa agunan. Tercatat ada 392 pelaku usaha kecil yang telah memanfaatkan Program Kruwcil.

Sementara itu untuk Program Berjamaah Subuh Keliling (Bersuling), telah dilakukan berjamaah subuh keliling di 31 (tiga puluh satu) kecamatan. Selanjutnya Program Kejar Paket (Ja-Ket) telah menggratiskan biaya pendidikan kejar paket A, B dan C sebanyak 4.972 peserta.

Terkait Program Lacak Aset Daerah (La-Da) sudah mulai berjalan dan telah dilakukan penertiban kendaraan, penelusuran 79 buku sertifikat temuan BPK Jawa Barat dan telah diselesaikan sebanyak 77 buku sertifikat.

Bupati Nina Agustina berharap, dengan sudah dirasakannya program-program unggulan ini dapat berjalan secara berkelanjutan dan dapat dirasakan oleh seluruh pihak sekaligus bersinergi untuk ikut berperan dalam mewujudkan Kabupaten Indramayu yang Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

“Perlu saya informasikan pula mengenai beberapa capaian lain yang salah satunya progres positif rencana pembangunan petrochemical. Dan yang paling baru adalah keberhasilan kita semua, khususnya jajaran Polres Indramayu bersama Kodim 0616 Indramayu yang berhasil mengungkap kasus human trafficking,” pungkasnya

Seusai upacara peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia, Bupati Nina Agustina memberikan hibah tanah seluas 5 hektar kepada Kementerian Agama Kabupaten Indramayu. Hibah tanah itu sebagai keseriusan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam membangun dan memperluas embarkasi Asrama Haji Indramayu yang berlokasi di Kecamatan Lohbener.

Selamat ulang Tahun Ibu Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar. Semoga senantiasa diberi kesabaran, kesehatan, keselamatan, kekuatan, serta bimbingan dan petunjuk dari Allah Subhanahu wa ta’ala dalam memimpin Kabupaten Indramayu. (Agus MT/Dedy–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu).

5/5 (1)

Nilai Kualitas Konten

Tentang Penulis

Operator Dishub Indramayu

Twitter
Facebook
Instagram
Youtube

Tinggalkan komentar