Seputar Indramayu

Sinergitas Kecamatan Untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

DISKOMINFO INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu terus meningkatkan peran dan fungsi kecamatan melalui upaya sinergitas. Peningkatan itu diharapkan akan berdampak pada pelayanan publik yang semakin baik di Kabupaten Indramayu.

Hal tersebut ditegaskan Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat ketika memberikan paparan dan materi pada Capacity Building Sinergitas Kinerja Kecamatan, Rabu (23/01/2020) di Horison Tirta Sanita Kuningan.

Para camat di Kabupaten Indramayu harus terus melakukan berbagai upaya sesuai dengan kewenangannya antara lain, pelayanan publik, pelayanan administrasi kecamatan (Paten), tugas umum pemerintahan, tugas kepemimpinan inovatif dan kreatif, perencanaan pembangunan, dan penunjang pendidikan, kesehatan, serta perekonomian kecamatan.

Taufik menambahkan, perubahan mendasar dalam penyelenggaraan pemerintahan kecamatan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah terkait perubahan mengenai kedudukan kecamatan, saat ini menjadi perangkat daerah kabupaten/kota, dan camat menjadi pelaksana sebagian urusan pemerintahan yang menjadi wewenang bupati/walikota.

Selain itu, kecamatan diberikan kewenangan yang lebih luas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan diberikannya kewenangan yang lebih luas kepada kecamatan maka aparat kecamatan dalam memberikan pelayanan publik harus lebih baik dan menghasilkan kualitas pelayanan yang baik.

Pemerintah kecamatan merupakan lapis kedua unit pelayanan masyarakat terdepan setelah kelurahan dalam mengurusi berbagai kepentingan publik.

“Tuntutan kebutuhan masyarakat beraneka ragam, oleh karena itu pembangunan kecamatan harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang ditandai dengan kemudahan, kecepatan, kewajaran, dan kepuasan masyarakat terhadap bentuk pelayanan yang diberikan,” tegas Taufik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo mengatakan, pembenahan terhadap berbagai hal di kecamatan mutlak dilakukan. Kecamatan harus terbangun prototype bangunan yang sama sehingga lebih nyaman dalam bekerja untuk melayani masyarakatnya.

Sementara itu Dari Bagian Tata Pemerintahan Setda Indramayu, Wawan Indrasetiawan mengatakan, kegiatan capacity building merupakan upaya mensinergikan peran kecamatan dan persiapan penilaian sinergitas kecamatan tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020 mendatang.

Dalam penilaiannya, kecamatan harus memenuhi asas transparansi, asas akuntabilitas, asas partisipatif, asas sinergitas, asas inovatif, dan asas kreativitas. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)

Sumber : https://indramayukab.go.id/sinergitas-kecamatan-untuk-tingkatkan-pelayanan-publik

https://indramayukab.go.id/sinergitas-kecamatan-untuk-tingkatkan-pelayanan-publik

Tentang Penulis

Operator Dishub Indramayu

Tinggalkan komentar