Seputar Indramayu

BSMSS Sulap Desa Karang Tumaritis

DISKOMINFO INDRAMAYU – Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0616 Indramayu tahun 2019 akan menyulap Desa Karang Tumaritis Kecamatan Haurgeulis menjadi desa yang lebih maju dan bersaing dengan desa-desa lainnya di Kabupaten Indramayu.

Hal itu ditegaskan Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat ketika membuka kegiatan BSMSS di lapangan Desa Karang Tumaritis Kecamatan Haurgeulis, Kamis (24/10/2019).

Taufik Hidayat menjelaskan, BSMSS adalah program pembangunan berbasis gotong-royong. Karena didalamnya kegiatan yang dilakukan oleh prajurit TNI tersebut juga melibatkan masyarakat, Polri dan Pemerintahan Daerah dalam setiap pelaksanaannya.

“Keberadaan TNI sangat membantu masyarakat, salah satunya melalui program BSMSS yang menyelesaikan percepatan pembangunan disuatu wilayah secara bergotong-royong. Desa Karang Tumaritis ini kita sulap sedemikian rupa, agar pembangunannya cepat,” kata Taufik.

Taufik menambahkan, BSMSS merupakan program rutin yang dilakukan oleh prajurit TNI yang ada di Kodam III Siliwangi. Untuk BSMSS tahun 2019 ini, Kodim 0616 Indramayu memfokuskan kegiatan di Desa Karang Tumaritis, Kecamatan Haurgeulus.

BSMSS memilik 2 kegiatan pokok yakni kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik ada 3 kegiatan utama yaitu melakukan pengerasan jalan Julung dengan panjang 5000 meter dan lebar 5 meter, penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 40 titik, rehab Rutilahu sebanyak 25 unit, dan rehab jembatan dengan panjang 3 meter lebar 2 meter.

Sementara untuk kegiatan non fisik meliputi pelayanan adminduk, donor darah, pembuatan SIM, pasar murah, pengobatan massal, pelatihan industri rumah tangga, pelayanan KB, penanggulangan kebencanaan, dan wawasan kebangsaan.

Pada pembukaan BSMSS tersebut turut hadir Danrem 063/SGJ Cirebon, Kolonel ARM. Maryudi, S.Sos, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, kepala SKPD, camat, dan lainnya.

Seusai pembukaan, selanjutnya dilakukan peninjauan ke beberapa sasaran fisik dan non fisik. (Aa Deni/Diskominfo Indramayu)

Tentang Penulis

Operator Dishub Indramayu

Tinggalkan komentar